Cara Menstabilkan Sinyal Modem

Posted by Unknown on Thursday, October 3, 2013

Pernah mengalami masalah modem anda menjadi lelet tiba tiba, padahal sebelumnya anda mendownload maupun membuka internet dengan cepat. Beberapa kali kita jumpai di modem kita warna lampu pada modem berubah dari biru ke hijau atau kemerah ternyata berpengaruh pada sinyal yang didapatkan. jika anda belum tahu ini info tentang warna sinyal pada modem.Berdasarkan indikator warna, type network di bagi atas:
1. GPRS/ EDGE ditandakan dengan warna hijau muda (lemah)
2. CDMA/ UMTS/ 3G ditandakan dengan warna biru laut (sedang)
3. HSDPA ditandakan dengan warna biru (kuat)
Ternyata jika sinyal didaerah anda jauh dari BTS atau tower sinyal maka anda akan mengalami perubahan warna pada modem dengan cepat, kadang kadang hijau kadang biru kadang juga biru laut. nah jika anda tiba tiba mendapat sinyal hijau muda maka dipastikan sinyal anda adalah GPRS dan kecepatan internet anda akan lemah. Lalu bagaimana cara agar anda tetap dijaringan HSDPA ? tentunya ada solusinya, memang ada pengaturan sinyal di modem anda, bagi yang sudah tahu ini sangat mudah namun bagi yang belum tahu mari simak kembali artikel dibawah ini agar bermanfaat buat anda.

Cara Menstabilkan Sinyal Modem Selalu ke Sinyal 3G dan HSDPA, tips ini memang sangat sederhana namun saya rasa penting sekali Sebagai perbandingan, Koneksi Internet akan lebih cepat meskipun anda memperoleh setengah sinyal 3G/HSDPA/WCDMA ketimbang memperoleh sinyal Full EDGE. Nah untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu di lakukan ialah memaksa sedikit modem agar mengabaikan sinyal EDGE dan terus mengambil sinyal 3G/HSDPA/WCDMA. Caranya pun sangat simple yaitu:

1. Pada aplikasi modem, Klik menu Tools lalu pilih Options

2. Pada halaman Form Options, Pilih Network

 



3. Ubah pada bagian Network Type menjadi 3G only atau HSDPA only atu WCDMA only lalu klik tombol OK untuk menyimpan. “Untuk pilihan setting ini tergantung dari ketersediaan modem yang anda gunakan. Sebagai contoh untuk modem saya yaitu di set ke WCDMA only”.


 
4. Coba cek sekarang ke halaman awal jika berhasil anda akan mendapatkan tampilan seperti dibawah ini

Keterangan:
Setting pada modem diatas mungkin saja berbeda dengan setting modem lain. jadi silahkan sesuaikan saja cara setting tergantung dari jenis modem masing-masing.

Setelah mengubah setting seperti diatas, coba lihat perbedaan sinyal dari sebelumnya. Kalau saya sendiri sekarang selalu mendapatkan sinyal HSDPA atau kalau tidak WCDMA dan tidak pernah lagi berubah menjadi EDGE ataupun lebih rendah.


Cara Menstabilkan Sinyal Modem Selalu ke Sinyal 3G dan HSDPA,
nah jika anda memang berada jauh dari BTS sebaiknya anda mengunakan alat tambahan untuk memperkuat sinyal anda, bisa beli penguat sinyal stiker Rp 5000an, atau membeli antena penguat sinyal Yagi, atau kalu anda kreatif bisa memanfaatkan bahan bahan disekitar anda untuk memperkuat sinya seperti dibawah ini:
1. Bekas kaleng biscuit, saya sarankan menggunakan kaleng biscuit yang besar. Dengan menaruh modem diatasnya atau bisa pula disamping modem anda. 
2. Kaset CD anda yang sudah tidak terpakai. Ini juga mampu membuat sinyal modem anda bertambah kuat. Dengan menaruh modem anda di atas kaset CD tersebut. sehingga cara memperkuat sinyal di modem dengan kaset cd menjadi solusi yang sangat masuk akal.
3. Botol kaleng bekas penyemprot ruangan. Juga bisa membantu menguatkan sinyal modem anda. Dengan cara meletakkannya disamping modem anda. 
4. Kawat tembaga, dengan cara menggulungnya, lalu modem anda ditaruh ditengah-tengahnya. Ini juga mampu menguatkan sinyal modem anda. 
5. Tutup panci bekas, dengan meletakkannya di bawah modem anda. Ini juga bsa membantu menguatkan sinyal modem anda. 
6. Kaleng bekas susu juga bisa menguatkan sinyal modem anda. Dengan cara menaruh di dekat modem anda. 
7. Wajan bekas penggorengan yang tidak terpakai bisa menguatkan sinyal modem anda. Dengan cara menaruh wajan di dekat modem atau diatas modem.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment