Sistem Keamanan Internet Banking BRI

Posted by Unknown on Friday, July 5, 2013

Amankah menggunakan BRI Internet Banking ?
Ya, BRI Internet Banking didisain dengan mengutamakan kemanan informasi pribadi dan keuangan Anda.
  • BRI Internet Banking menggunakan program Internasional Internet Standard Security SSL 3.0 dengan sistim enkripsi 256-bit, suatu sistim pengacak informasi yang tercanggih saat ini, sehingga informasi pribadi & keuangan Anda tidak dapat terbaca ketika melalui jaringan internet.
  • Anda juga akan diberikan User ID & Password yang unik, sehingga tidak ada duplikasi dan hanya Anda yang mengetahuinya. Setiap kali Login, Anda hanya diperkenankan mengulang User ID & Password yang salah sebanyak 3 kali sebelum akses tersebut diblokir untuk mencegah penyalahgunaan yang tidak bertanggung jawab.
  • Ada pengaman tambahan yaitu mTOKEN yang dibutuhkan pada setiap transaksi keuangan (transfer dana, bayar tagihan, pembelian), ubah password dan ubah alamat email, yang akan Anda dapatkan melalui SMS setelah menyelesaikan Registrasi di Cabang BRI dan Aktivasi di fasilitas mTOKEN di Internet Banking.
  • Setiap transaksi yang diinstruksikan tidak akan diproses tanpa konfirmasi dan persetujuan Anda.
  • Setiap transaksi akan diberikan nomor referensi yang digunakan apabila ada pertanyaan atau terjadi suatu masalah yang berhubungan dengan transaksi tersebut.
  • Jika tidak terdapat aktivitas selama 10 menit, system secara otomatis akan mengakhiri (log-out) akses Anda untuk mencegah penyalahgunaan yang tidak berwenang.
Bagaimana saya dapat mengetahui bahwa Bank BRI Internet Banking menggunakan sistim enkripsi 256-bit ?
Untuk pengguna Microsoft Internet Explorer :
  • Klik security icon di sebelah kanan bawah dengan mouse sebelah kanan.
  • Akan terdapat informasi SSL Secured (256 bit).
Untuk pengguna Mozilla Firefox :
  • Klik security icon di toolbar sebelah kanan bawah dengan mouse sebelah kanan.
  • Layar “Page Info” akan tampil.
  • Pada point “Technical Details” akan tampil keterangan: Connection Encrypted : High-grade Encryption (AES-256 256 bit) .
Untuk pengguna Safari :
  • Klik security icon di address bar.
  • Akan terdapat informasi SSL Secured (256 bit).
Apa yang harus saya lakukan apabila saya mencurigai suatu transaksi yang tidak saya lakukan dalam rekening saya ?
Segera hubungi ke Bank BRI Call Center di nomor 14017 atau 6221-57987400 jika Anda berada diluar negeri. Bank BRI akan segera memblokir sementara akses Anda ke Internet Banking untuk penyelidikan dan pencegahan penyalahgunaan lebih lanjut.
Apa yang sebaiknya saya lakukan untuk meningkatkan keamanan nasabah dalam penggunaan BRI Internet Banking ?
  • Periksa alamat situs sebelum Anda memasukkan User ID & Password. Alamat situs harus dimulai dengan https://ib.bri.co.id/. Ini adalah alamat login Bank BRI Internet Banking yang benar. JANGAN memasukkan User ID & Password jika alamat situs yang Anda temukan dimulai dengan alamat yang berbeda dengan yang tersebut di atas. Segera laporkan ke Bank BRI Call Center di nomor 14017.
  • Password Anda sebaiknya sesuatu yang mudah diingat, namun tidak mudah ditebak oleh orang lain.
  • Ingatlah Password dan User ID Anda. Jangan ditulis atau diberitahukan kepada orang lain. Pada saat Anda menghubungi Bank BRI Call Center, petugas Bank BRI hanya diperbolehkan meminta informasi User ID Anda.
  • Rubahlah password Anda secara teratur, misalnya setiap tanggal 1.
  • Setiap Anda selesai menggunakan fasilitas BRI Internet Banking, pastikan Anda keluar dari Bank BRI Internet Banking dengan mengklik [LOGOUT].
  • Periksa software update pada browser Anda secara berkala (misalnya tiap bulan) untuk mendapatkan informasi terkini atau patches (module untuk penyempurnaan system browser Anda), terutama yang berhubungan dengan security:
Untuk pengguna Microsoft Internet Explorer:
  • Klik Tools pada menu bar
  • Klik Windows Update
  • Ikuti petunjuk yang diberikan oleh Microsoft Website
Untuk pengguna Mozilla Firefox:
  • Klik Helps pada menu bar
  • Klik Check for Updates
  • Ikuti petunjuk yang diberikan oleh Mozilla Firefox
Untuk pengguna Safari:
  • Di dalam Start menu klik Apple software update
  • Cek Safari browser
  • Cek Install 1 item
Jangan tinggalkan komputer Anda ketika Anda sedang mengakses BRI Internet Banking.
Sebaiknya Anda tidak mengakses Bank BRI Internet Banking di tempat-tempat umum dimana privacy dan keamanan Anda tidak terjamin. Bila Anda terpaksa menggunakan tempat umum, pastikan Anda menghapus CACHE setelah logout.
Setiap selesai logout pastikan Anda clear cache. Caranya :
Untuk pengguna Internet Explorer 7.0 :
  • Klik Tools di menu bar
  • Klik Internet Options
  • Klik tab General
  • Pada bagian Temporary Internet Files, klik Delete Files
  • Klik OK untuk keluar
Untuk pengguna Mozilla Firefox :
  • Klik Tools pada menu bar
  • Klik Clear Private Data
  • Pilih Clear Private Data Now
  • Pilih OK untuk keluar
Untuk pengguna Safari :

  • Klik icon bergambar gir (General Safari Greeting)
  • Klik Preference lalu Security
  • Pilih Show Cookies
  • Klik nama web
  • Klik Remove atau Remove All, lalu klik Done
Sumber : KabarBank.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment